ARTIKEL PINTASAN

Monday, March 16, 2015

Mahatma Gandhi Kembali ke Inggris


Patung Mahatma Gandhi (Foto: MKGandhi(dot)org
Inggris meresmikan patung Mahatma Gandhi di Lapangan Parlemen London, Sabtu (14/03) waktu setempat. Peresmian tersebut sebagai bentuk mengenang pejuang kemanusiaan India itu. Inggris memilih waktu peresmian pada 14 Maret 2015 untuk memperingati 100 tahun kembalinya Mahatma Gandhi ke India dari Afrika.
“Patung ini merupakan persembahan kami untuk mengenang perjuangan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah perpolitikan dunia. Dengan menempatkan Mahatma Gandhi di lapangan ini, kami memberinya kenangan yang kekal di negara ini (Inggris)," ucap Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, seperti dinukil dari Sky News, Minggu (15/3).
Selain dihadiri PM Inggris, Menteri Keuangan India Shri Arun Jaitley, Bollywood Amitabh Bachchan, dan cucu Mahatma Gandhi, Gopalkrishna Gandhi.
Patung tokoh yang bernama lengkap Mohandas Karamchand Gandhi itu dibuat seniman Philip Jackson. Tingginya mencapai 2,7 meter. Biaya pembuatannya mencapai 1 juta poundsterling atau sekira Rp20 miliar. Dananya berasal dari sumbangan berbagai sumber, yang dikumpulkan oleh Yayasan Gandhi Statue Memorial Trust.
Seperti diketahui, di dalam sejarah Mahatma Gandhi merupakan pejuang nasionalisme India. Pria kelahiran 2 Oktober 1869 itu mengusung gerakan anti-kekerasan dalam melakukan perlawanan terhadap kolonial Inggris. Gerakannya dikenal dengan istilah Satyagraha. 30 Januari 1948 akhirnya Mahatma Gandhi tewas dibunuh oleh pendukungnya yang kecewa terhadap keberpihakan pada agama lain.
Pada masa kehidupannya, Gandhi memiliki musuh sekaligus sahabat. Dia adalah Tagore, sastrawan India sekaligus pejuang bangsa India. Sahabat karena keduanya sama-sama memiliki cita-cita pembebasan dari penjajahan. Menjadi musuh ketika keduanya berhadapan mengenai strategi. Mari baca seonggok ulasan tentang Tagore: klik http://fredywp.blogspot.com/2014/07/pragmatisme.html


Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes