ARTIKEL PINTASAN

Sunday, June 12, 2011

Profil (About Me)




Fredy Wansyah Putra


I
Anak pertama dari empat bersaudara yang terlahir di tanah Batak, Sumetera Utara. Tepatnya di Bangun, Simalungun, Sumetera Utara. Menamatkan sekolah tingkat atas (SLTA) di Kota Pematang Siantar, dari Yayasan Perguruan Sultan Agung.
Dalam melanjutkan studi, Bandung menjadi pilihan berikutnya. Kuliah sastra Indonesia di Universitas Padjadjaran, Bandung. Tahun 2011 secara sah menamatkan studi S-1 Sastra Indonesia.
Perjalanan karier dimulai dari sebuah majalah segmen politik, Mimbar Politik (PT Mimbar Raya). Selanjutnya menjadi editor di sebuah media online, www.okezone.com (PT Okezone Indonesia). Semenjak keluar dari Okezone, waktu-waktunya digunakan untuk memperdalam kemahiran bahasa Inggris. Kampung Inggris, Pare, Kediri, jadi pilihan tempat belajarnya. Selanjutnya menghabiskan waktu studi (short course) “Nalar dan Keindahan” di STF (Sekolah Tinggi Driyarkara) selama satu semester.

II
Tulisan yang dimuat di beberapa media massa: Kompas (Opini), Koran Sindo (Suara Mahasiswa, dan Cerpen), Pikiran Rakyat (Puisi, Esai Bahasa), Tribun Jabar (Opini), Analisa (Opini, dan Puisi), Alis (Puisi), Korak (Opini, dan Puisi), Buletin Sadar (Opini), Harian Global Medan (Puisi), Media Indonesia (Opini Mahasiswa), Harian Singgalang (Opini), Banjarmasin Post (Opini), Inilah Koran (Opini), Mimbar Politik (Opini), Joglosemar (Cerpen), Radar Bekasi (Puisi), Suara Karya (Opini), dan beberapa media internet (Kompas.comSituseni.comDetik.comPedomannews.comOkezone.com – Beritahukum.com - Kepadamu.com).
Selain itu, karyanya juga terhimpun di buku: G30S (antologi puisi bersama), Bukan Perempuan (Cerpen Nominator Lomba Cipta Cerpen Tingkat Mahasiswa Se-Indonesia), Menolak Lupa (Puisi Nominator Lomba Cipta Cerpen Religius Tingkat Mahasiswa Se-Indonesia), Ponari For Presiden (antologi puisi bersama), Ziarah Kata (antologi puisi Majelis Sastra Bandung), Aku dan Detik Jam (antologi tunggal yang diterbitkan indie), Dari Dasar Jurang, Puisi Kolektif Langkah (Isaacbook), Antologi Puisi Festival Bulan Purnama (Dewan Kesenian Mojekerto), Esai Sastra dan Bahasa (IMABSII Indonesia), dan beberapa media alternatif lainnya.

III
Selain memantapkan bidang keilmuan yang telah ditelusurinya sejauh ini, kini dirinya beraktivitas pada bidang online dan media massa.

-Update 14 Juni 2013-
Twitter: @FredyWansyah
Facebook: Fredy Wansyah






Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes