ARTIKEL PINTASAN

Monday, September 9, 2013

Kegagalan Sempurna




Kegagalan Sempurna - Kegagalan menjadi bahan pemikiran saya dalam resolusi bulanan. Ini soal perbaikan diri dari masa ke masa. Beberapa kali perencanaan (survive), bertahan hidup, gagal dari rencana awal.
Kebetulan belakangan ini saya membaca novel  The Railway Children karya Edith Nesbit, karya sastra Inggris klasik, lantas saya teringat perihal tingkah ketiga kakak-beradik, Peter, Bobby, dan Phyllis. Ketiga kerap bermain di stasiun kereta api, dan menjejaki rel kereta api. Pada satu sisi, tidak jauh dari stasiun, terdapat terowongan. Di terowongan itu mereka bermain kegelapan dengan suasana ketakutan, tetapi mereka memiliki keyakinan bahwa gelap akan berakhir. Itu sama halnya ketika mereka bertanya kepada ibunya perihal kepergian ayah mereka. Dalam beberapa hari mereka tidak bertemu ayah, lantas mereka bertanya kepada ibu. Apa pun jawab ibu dengan meyakinkan, ketiga bocah itu tetap yakin suatu saat ayah mereka akan pulang.
Bagi Edith Nesbit, melalui ketiga anak itu, mengisyaratkan bahwa keyakinan bukan semata pendorong “keinginan”, melainkan juga mengendalikan ketakutan dan kegagalan. Dua di antara anak itu gagal ingin bertemu sang ayah, tetapi dengan keyakinan mereka mampu mengatasi kegagalan itu (pada akhir cerita sang ayah pulang ke rumah).
Di lain sisi, saya teringat, pada suatu waktu saya bermain ke rumah bekas dosen saya. Saya membantu perbaikan lemari buku. Di saat mengetuk paku di sudut lemari, ia kesusahan. Saya bantu. Sambil mengetuk paku, saya mendengar celotehan, “Saya itu memang selalu gagal. Gagal dari banyak sudut.” Maksudnya, ia kerap gagal dalam berbagai lini kehidupan.
Kembali di awal, tentang resolusi terhadap kegagalan. Saya berpikir ulang tentang percobaan-percobaan “upaya survive mandiri”. Pertama, saya (mencoba) membangun sebuah portal bernama Kalanews. Kedua, saya (mencoba) membangun portal berita khusus skala internasional. Ketiga, saya kembali (mencoba) turut serta pembangunan portal lokal, Sumedang. Harapan semua itu ialah dapat menjadi media survive saya. Namun, semuanya gagal. Tidak ada satu pun, hingga catatan ini ditulis, berlangsung sampai saat ini. Kegagalan menutup harapan.
Lantas apakah ingin seperti dosen itu, yang berkutat pada kegagalan itu tanpa upaya keluar dari kegagalan hingga menganggap kegagalan sebagai hal yang lumrah? Kira-kira begitu pertanyaan dasar, dengan bersenandika.
Sederhana saja menyimpulkan atas kegagalan “upaya survive mandiri” tersebut. Ternyata benar apa yang dikatakan Hegel dalam pandangan logika sejarahnya, yang bisa diterapkan pada persoalan praktis sehari-hari seperti ini, bahwa sejarah materi memengaruhi masa depan.
Begitulah, resolusi “upaya survive mandiri” bulan ini. Dengan cara otokritik dan melihat jejak rekam rekanan “upaya survive mandiri”, tentu keyakinan dapat mengubah kegagalan menjadi kegagalan sempurna.


Senin, 9 September 2013

Share this:

1 comment :

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes