ARTIKEL PINTASAN

Wednesday, July 30, 2014

Tips Menulis Opini di Koran



 
ilustrasi tip menulis opini (foto: blogspot)
Tips Menulis Opini di KoranKolom opini koran bagi penulis lepas ibarat ladang. Ia jadi sebidang tanah yang tersedia untuk diolah. Semakin rajin dan terbiasa menulis opini di koran, semakin baik pula penulis seperti petani yang mahir mengolah ladangnya.
Tips menulis opini di koran kadang dibutuhkan penulis pemula atau penulis awam. Tips menulis itu menjadi cara bagaimana si penulis memulainya. Jika sudah tertera jalannya, tentu si penulis pemula akan mudah melangkah.
Di internet, misalnya, kata kunci "tips menulis opini" cukup banyak dibanding kata kunci yang terkait perihal opini koran. Hal ini menunjukkan antusiasme penulis pemula untuk mengetahui langkah terbaik.
Tips menulis opini koran tidak lain agar si penulis berhasil menembus koran yang dituju. Misalnya, si Anu ingin artikel opininya diterima koran Kompas. Dari itulah ia ingin mengetahui langkah-langkah terbaik.
Meski sesungguhnya menulis opini di koran bersifat dinamis dan fleksibel, menulis opini pun memilki langkah-langkah yang sifatnya umum diketahui dan dilakukan. Berikut tips menulis opini di koran:
1. Cari isu terhangat (aktual). Topik teraktual penting bagi redaktur opini. Karena itu, carilah topik-topik yang sedang hangat dibicarakan. Salah satunya mengetahui topik aktual ialah membaca tajuk atau editorial koran.
2. Bubuhkan data aktual di dalam artikel. Data cukup penting, karena akan menguatkan argumentasi opini si penulis. Bisa berupa data statistik maupun data lainnya.
3. Gunakan bahasa yang populis. Hindari istilah-istilah akademis maupun istilah asing bila memungkinkan. Jika masih ada padanan bahasa Indonesianya, hindari penggunaan istilah asing karena pembaca artikel opini beragam. Dari pembaca awam hingga pembaca mahir.
4. Buat judul terbaik. Gunakan judul yang padat dan mewakili pesan yang akan kita sampaikan. Selain itu, bisa juga menggunakan judul yang sifatnya provokatif pada media-media tertentu.
5. Kirim artikel melalui email, dengan attachment (sisipan) dalam format MS Word atau rtf. Jangan ditulis di badan email. Di subjek email beri judul: Artikel Opini(spasi)Judul.
6. Jika artikel opini tidak dimuat dalam rentang waktu yang ditentukan, kirimkan artikel ke media lain.



Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes