ARTIKEL PINTASAN

Friday, May 16, 2014

Virus MERS Tak Ganggu Umrah dan Haji


 
ilustrasi virus mers (foto: blogspot)
Virus MERS Tak Ganggu Umrah dan Haji - Isu merebaknya virus Middle Eas Respitatory Syndrome-Cornona Virus (MERS-Cov) belum mengganggu pelaksanaan haji dan umrah di Yogyakarta. Masing-masing pihak pelaksana haji dan umrah masih memberangkatkan calon jemaah haji dan umrah pada tahun ini.
Salah satu Pelaksana Travel Haji dan Umrah di Yogyakarta mengatakan, pemberangkatan yang telah melakukan pemesanan jauh-jauh hari tetap diberangkatkan. “Masih memberangkatkan haji dan umrah,” kata Yunis, pengurus Pelaksana Travel Haji dan Umrah Armina, Rabu (14/05).
Meski begitu, Kementerian Agama tetap memberikan imbauan untuk mewaspadai virus yang telah menyerang 17 negara itu. Pelaksanaan Rukun Islam kelima ini tetap dilaksanakan sesuai jadwal dan perencanaan.
Kementerian Agama mengimbau bagi calon jamaah berusia lanjut yang berniat melaksanakan umrah dan belum terdaftar di lembaga penyelenggara agar mengurungkan niatnya. Sementara bagi calon jamaah berusia lanjut yang telah terdaftar pada tahun ini tetap diberangkatkan. “Kami selalu mengikuti perkembangan yang terjadi bersama Kementerian Kesehatan,” kata Menteri Agama Surya Dharma Ali, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (13/05), seperti disitat dari Kemenag.go.id.
Seperti diketahui, virus yang berasal dari Timur Tengah ini diduga telah masuk ke Indonesia melalui jamaah yang baru melaksanaan perjalanan dari Tanah Suci. Namun, baik Kementerian Agama maupun Kementerian Kesehatan belum menemukan satu pun pasien yang positif mengidap virus yang sedang dikaji oleh Lembaga Kesehatan PBB (WHO) ini.
Virus Mers kali pertama muncul di Arab Saudi, negara tujuan penegakan salah satu Rukun Islam. Kali pertama ditemukan pada tahun 2012. Sejak pertengahan April hingga awal Mei, Kementerian Kesehatan Arab Saudi melansir, virus ini telah menelan korban jiwa sebanyak 55 orang.

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes