ARTIKEL PINTASAN

Saturday, April 26, 2014

Pesantren Al Anshor Usung Golput




ilustrasi (foto: blogspot)
Pesantren Al Anshor Usung Golput - Jamaah Al Anshor, Wonosalam, Sukoharjo, Ngaglik, Yogyakarta, mengambil sikap politik golongan putih dalam pemilihan umum 2014. Jamaah Al Anshor menandai golput bersama tersebut melalui pemajangan poster-poster ajakan golput di beberapa rumah. Belum dapat diketahui secara pasti dalil kegolputan mereka.
“Dalil mereka, sistem demokrasi sekarang dianggap cara yang bida’ah. Soalnya sistem demokrasi ini, bagi mereka, tidak sesuai dengan sistem pada zaman Rasul. Padahal, ya kalau dilihat lebih dalam lagi, kan pemilihan Ali pada masa dahulu juga (bersifat) demokratis. Ini juga ditambah dengan keantibaratan mereka. Sistem sekarang kan berasal dari barat,” kata Imam, peminat kajian gerakan salafi, Sabtu (26/04), Yogyakarta.
Pondok pesantren Al Anshor ini menjaga jarak dengan masyarakat setempat. Hal ini terlihat dari respon sekitar. Menurut paparan Imam saat mengamati kehidupan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Al Anshor Pak Dukuh, salah seorang warga setempat, mengaku harus menerima keadaan kebiasaan warga setempat yang memilih menyewakan rumahnya untuk disewa jamaah Pondok Pesantren Al Anshor dengan harga mahal. Bahkan, menurut Pak Dukuh, warga Al Anshor itu enggan ikut pemilihan ketua RW. Pak Dukuh tidak mengetahui alasan keengganan warga Al Anshor tersebut.
Selain itu, cara berpakaian antara masyarakat setempat dengan jamaah Pondok Pesantren Al Anshor berbeda. Salah satunya ialah celana. Jamaah Pondok Pesantren Al Anshor menggunakan celana congklang, sementara warga setempat tidak menggunakan celana congklang.

Menurut Imam, Pondok Pesantren Al Anshor ini merupakan pimpinan Abu Ubaidah bila merujuk pada penelitian Noor Haidi. “Menurut Noor Haidi, Abu Ubaidah adalah salah seorang kelompok Ja’far Umar Thalib (alumni Pondok Pesantren Ihya Assunah. Abu Ubaidah merupakan salah satu santri yang dikirim ke Yaman. Mereka belajar pada ulama-ulama salafi Yaman, seperti Muqbil bin Hadi al-wahdhi’i,” papar Imam

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes