ARTIKEL PINTASAN

Sunday, April 20, 2014

Memahami Latar Belakang Keluarga




ilustrasi (foto: blogspot)
Memahami Latar Belakang Keluarga - Terutama dalam memahami latar belakang keluarga ialah sosok orangtua. Orangtua akan menurunkan jejak-jejaknya kepada anak. Setelah memahami siapa orangtuanya, dapatlah memahami keluarga secara keseluruhan.
Cerita pendek (cerpen) Kompas hari ini, Minggu 20 April, Angela, karya Budi Darma, menyiratkan hal demikian. Berikut petikannya, perihal dialog memahami latar belakang keluarga.
“Burhanto, kamu tahu saya punya darah pembunuh. Tengok Pablo dan Pedro. Saya punya darah judi. Tengok pula Pablo dan Pedro. Mereka pewaris tulen darah nenek moyang Vicario. Semua terbelit judi. Semua jatuh miskin. Darah saya hitam, Burhanto. Kotor. Darah kamu putih. Kalau saya jadi istri kamu, anak turun kita mewarisi darah kamu.”
Saya teringat akan curhatan sahabat saya. Dia menceritakan bagaimana penyesalan kecilnya karena gagal memahami kekasihnya melalui bagaimana cara dia memahami latar belakang keluarga kekasihnya ketika itu. “Kita harus tahu, bahwa darah orangtua itu mengalir ke tubuh anak,” begitu kira-kira pernyataan sahabat saya yang berprofesi wartawan itu.
“Aku tidak percaya. Aku lebih percaya pembentukan karakter itu faktor terbesarnya dari lingkungan,” kataku menimpali pernyataan tersebut.
“Paling tidak, emosinya itu. Sejauh apa pun nanti anak dan orangtua, ada emosi orangtua yang tertanam di dalam anak,” kata dia menimpali lagi.
Saya mengalah, memilih diam. Dalam benak saya, toh memang keduanya berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang. Hanya saja persoalannya keterpengaruhan terbesar.

Orangtua saya adalah petani dan pedagang. Kalau saya meyakini seutuhnya cara pikir darah keturunan dalam memahami latar belakang keluarga, sudah barang tentu saat ini saya sudah menggarap tanah, sebagai petani. Atau, barangkali saya jadi seorang pedagang tulen.

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes