ARTIKEL PINTASAN

Monday, November 4, 2013

Pedagang Buku Blok M




ilustrasi (blogspot)



Sabtu, 2 November kemarin, kali pertama saya mengunjungi lapak penjualan buku di mall Blok M. Sebelumnya, saya hanya mengunjungi lapak-lapak buku di Senen. Kebetulan waktu itu rasa penasaran saya terhadap lapak buku di Blok M semakin memuncak. Akhirnya, keinginan itu harus dipenuhi.
Saya berangkat menggunakan busway, transportasi andalan saya jika hendak pergi menggunakan fasilitas umum, dari Pasar Cempaka. Awalnya harus menggunakan busway jurusan Pulo Gadung – Kalideres. Transitnya di pusat busway Harmoni. Selanjutnya menaiki busway jurusan Kota – Blok M, yang melintasi jalur perkantoran Jalan Sudirman. Dari Pasar Cempaka ke Blok M menghabiskan waktu kira-kira satu jam.
Sesampainya di Blok M, saya bingung. “Di mana letak lapak penjualan buku?” begitu benak saya, sambil melirik kiri kanan dengan tenang. Lantas saya bertanya kepada satpam, “Pak, lapak penjualan buku sebalah mana?” Dia menjawab, “Di sebelah sana (sambil menunjuk arah). Nanti turun saja, adanya di basement. Terus cari blok C.”
Akhirnya lapak penjualan buku Blok M saya temui juga. Banyak penjual tetapi tidak banyak pembeli. Begitulah kira-kira gambaran yang saya lihat di lapak penjualan buku Blok M. Selain penjual buku, di sekitarnya terdapat penjual keping-keping CD klasik dan sejenis, penjual kaset tape, dan penjual pernak-pernik musik.
Saya kunjungi salah satu lapak. Banyak sekali buku-buku lama, dari berbagai bidang dan berbagai bahasa, yang tertumpuk tidak teratur. “Cari aja, Dek. Bongkar aja,” ucap si penjual, seorang bapak-bapak berambut putih. Saya bongkar, dan saya coba tanya harga salah satu buku yang saya temui di balik tumpukan kepada si bapak penjual. “Itu sepuluh ribu. Mau beli berapa?” kata si bapak penjual. Ternyata di lapak penjualan buku Blok M bisa ditawar kalau beli lebih dari dua atau tiga atau lebih.
Saya coba berjalan tenang ke lapak yang lainnya. Sambil mencari-cari judul dan penulis bukunya. Seperti di lapak sebelumnya, saya melakukan tawar-menawar kepada si penjual. Saya menghabiskan waktu hampir dua jam di lapak penjualan buku.
Saya keluar lapak penjualan buku Blok M dengan bekal lima eksemplar buku. Cukup menghabiskan uang tidak lebih seratus ribu. Lumayan.

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes