ARTIKEL PINTASAN

Saturday, November 16, 2013

Berwisata ke Cipanas, Garut




pemandian Cipanas, Garut (Foto: blogspot)
Berwisata ke Cipanas, Garut - Belum lama ini Garut menjadi terkenal dan ramah bagi media massa. Perkaranya, Bupati Garut Aceng Fikri menikahi gadis cantik secara sirih. Jadilah sang pimpinan publik di Garut itu disoroti seantero negeri ini.
Begitulah sekilas tentang Garut yang baru-baru ini ramai dibicarakan publik. Sikap moralitas pejabatnya dianggap nyeleneh. Coba tinggalkan sejenak perkara itu, sebab masih banyak objek-objek di Garut yang bisa membuat pikiran tenang.
Banyak lokasi wisata alam nan asri dan banyak situs sejarah. Jenisnya mulai dari wisata alam pegunungan hingga pantai bisa jelajahi untuk menikmati panorama. Ada pula situs-situs sejarah yang bisa saja jadi tujuan wisata sambil belajar sejarah. Di luar itu, ada lokasi wisata pemandian air panas, lokasi yang telah dipermak sedemikian rupa oleh penduduk sekitar, Cipanas.
Tampaknya, bagi saya, sebelum menjajaki wisata Cipanas, Garut, harus merogoh kocek dalam-dalam. Tetapi pandangan itu pupus kala tiba di lokasi wisata pinggiran Kota Garut itu. Pada Sabtu bulan lalu, Oktober 2013, saya menginjakkan kaki kali pertama ke Cipanas. Tiba di sana sekitar pukul delapan malam.
Ternyata penginapannya bervariasi, mulai dari tarif terendah Rp80 ribu per malam hingga Rp1,3 juta per malam. Tetapi, bila akhir pekan dan masa liburan, tarif itu naik sekitar 50%-150%. Uniknya, tiap-tiap penginapan telah disediakan tempat pemandian air hangat, bahkan tiap kamar pun tersedia. Bukan seperti ketersediaan air hangat di hotel-hotel pada umumnya, melainkan bak khusus untuk berendam dengan air hangat.
Berwisata ke Cipanas, Garut, tentunya tidak beriwasata jika tidak berkunjung ke arena pemandian umum air panas. Di arena pemandian terdapat panorama gunung. Berendam sekaligus menyejukkan mata.
Makanan dan jajanan pun tidak mahal. Harganya sesuai standar di berbagai tempat, tidak seperti tempat-tempat wisata lainnya yang cenderung lebih mahal dari harga umumnya.
Lokasi wisatanya tidak luas, dengan pusat wisata arena pemandian itu saja. Selebihnya adalah penginapan dan tempat-tempat jajanan maupun resto atau warung.

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes