ARTIKEL PINTASAN

Friday, July 12, 2013

Pernikahan adalah Ibadah?




PERNIKAHAN ADALAH IBADAH? - Kamis malam (11/07), tepatnya jelang pertengahan malam, di warung Mpok Nur Jalan Kebon Sirih, tiga punggawa Kebon Sirih Wisdom (KSW) membicarakan persoalan nikah. Itu tema besarnya, lebih tepatnya menyoroti apakah pernikahan adalah ibadah?
Saya, yang tiba lebih belakangan dibandingkan kedua punggawa lainnya, Jay Ali dan Aris Kurniawan, awalnya tidak mengetahui topik pembicaraan. "Nikah adalah ibadah, Jay," kata Aris, yang rajin menulis cerpen itu, diantara punggawa KSW lainnya.
"Oh tidak. Pernikahan itu cuma soal sosial," kata Jay, penulis puisi asal Kota Udang itu.
"Lalu?" tanya Aris.
"Pernikahan itu transaksional (red: transaksi kesepakatan antarindividu)," jawab Jay dengan tegas.
Saya mendengar "baik" pembicaraan mereka. Sesekali saya merespon, seolah-olah membantu pernyataan Aris, yang kerap digunakan masyarakat sebagai dalil umum.
"Coba cari hadis atau ayat yang menjelaskan bahwa pernikahan adalah ibadah," tantang Jay.
"Udah kalian cari hadis dan lainnya yang menyatakan pernikahan adalah ibadah? Saya punya file tentang pernikahan dan sejenis, boleh itu dicari. Googling aja sekarang. Coba tunjukkan buku yang menyatakan dalil pernikahan ibadah itu. Bawa kemari," kata Jay.
Dalil "pernikahan adalah ibadah" kerap diakui masyarakat umum, seakan jadi dalil umum dalam wacana pernikahan. Lantas, dalam hal ini, Jay menyatakan bahwa dalil umum itu terkait peran lembaga.
"Pernikahan adalah kesepakatan antara laki-laki dan perempuan. Tidak lebih. Di luar itu sudah ranah transenden," papar Jay, dengan maksud memisahkan urusan agama dengan urusan pernikahan.
Perdebatan semakin panjang. Aris selalu mengupayakan dalilnya, begitu juga Jay.

Share this:

1 comment :

  1. iiisssh, pengantar menuju lapak komentarnya.. serieus ajjjaaah...
    berondong sayang, ini cerita macam apa sih apakah apa dong. nggantung gt ih..

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes