ARTIKEL PINTASAN

Friday, November 5, 2010

Kasus Makelar

Kasus Makelar
Bila industri kreatif terus menjangkiti dunia seni, tidak bisa dijamin hasil cipta seni yang beredar di masyarakat merupakan hasil cipta yang bermutu, bagus, atau bernilai estetika yang tinggi. Pada dasarnya, industri berorientasi pada keuntungan, keuntungan, dan keuntungan. Pertimbangan di luar keuntungan bahkan diacuhkan, dengan syarat “meraup keuntungan yang besar”.
Derasnya arus globalisasi memang sulit –bukan berarti tidak bisa- dibendung, sehingga berbagai aspek seolah-olah “harus” mengikutinya. Karena itu pula industri kreatif masuk ke dunia seni. Salah satunya, wacana yang diangkat di salah satu media massa bertaraf nasional pada minggu lalu (26 September 2010), adalah perihal makelar seni.
Hasil cipta seni yang membutuhkan ruang pertunjukan adalah bagian dari target makelar seni. Segala kebutuhan seniman saat pertunjukan berlangsung dijadikan komoditi bagi pelaku makelar seni, selama itu memiliki nilai jual. Jadi sangat jelas, bahwa pertimbangan makelar seni di sini bukan diutamakan nilai-nilai yang terkandung dalam karya seninya. Keberlangsungan tradisi makelar seni seperti ini relatif mengkhawatirkan. Karena, kemunculan karya seni yang dipertunjukkan itu belum didasari atas nilai-nilai seni semata.
Kemungkinan terburuk dari makelar seni ini adalah, seniman mapan (dalam arti mapan ekonomis) akan tetap bertahan sementara yang tidak mapan “selamat tinggal”. Kasus ini sama seperti dengan kasus-kasus persaingan industri komoditi pada umumnya, misalnya persaingan pasar tradional dengan pasar swalayan. Bagi seniman yang relatif belum mapan, makelar seni hanya menjadi suatu rintangan berat dalam mempertunjukkan karyanya ke berbagai negara (daerah) karena kencing atau meludah pun harus bayar kepada si makelar. Inilah kasus.

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes