ARTIKEL PINTASAN

Monday, September 23, 2013

September Soeratin (II)




Baca Sebelumnya, "September Soeratin (I)"

timnas U-19
September Soeratin: Ulasan AFF U-19 - Mari kita tinggalkan sejenak soal Soeratin. Kita maju pada lembaga persepakbolaan Indonesia kekinian. Pada bulan ini kabar yang cukup menyenyakkan telinga datang dari prestasi si cabai rawit Indonesia. Seperti cabai itu pula anak-anak yang tergabung di dalam SSB Tugu Muda Semarang. Mereka mampu menjadi bumbu yang membuat rasa menjadi pedas nan nikmat. Begitu kira-kira ungkapan yang tepat bagi kepulangan si cabai rawit. Setelah mengikuti ajang Danone Cup 2013 di London, Inggris, papan nama Indonesia berada di jajaran sepuluh besar, kedelapan, suatu peringkat yang cukup elit.
Lagi lagi, seperti tahun-tahun sebelumnya, generasi cabai rawit dalam persepakbolaan Indonesia menjadi cibiran. “Muda berprestasi, tua mikirin nasi.” Begitulah pengandaian atas kondisi pemain muda Indonesia.
Bulan ini pula, tim muda Indonesia berkompetisi di ajang AFF U-19. Pada laga pembuka tim nasional Indonesia U-19, si Merah Putih U-19 menghadapi tim nasional Brunei. Tidak tanggung-tanggung, Merah Putih U-19 mampu melahap 5 gol ke gawang Brunei. Sebuah sinyal adanya lilin di tengah kegelapan. Setidaknya pada tim muda (timnas U-19) inilah Indonesia mampu berharap atas kehausan prestasi tim nasional Indonesia di kancah internasional.
Ini bisa menjadi momen bagi tim nasional Indonesia pada bulan kelahiran pendiri PSSI, Soeratin. Harapan prestasi tiap periode tentu merupakan cita-cita pendiri PSSI terdahulu. Tidak ingin anak-anak pribumi kalah saing dengan pihak NIVB (persatuan sepakbola Belanda di Nusantara). Kini Soeratin telah 54 tahun meninggalkan lembaga yang ia dirikan. Ukiran prestasi pada September ini dapat menjadi kenangan tersendiri bagi hari lahir “pahlawan sepakbola tanah air”. Setelah tim si cabai rawit, kini tinggal menunggu tim U-19 mengukir prestasi di kancah sepakbola ASEAN, demi September Soeratin.



11 September 2013

Share this:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini. Semoga komentar Anda menjadi awal silaturahmi, saling kritik dan saling berbagi.

 
Back To Top
Copyright © 2014 Fredy Wansyah. Designed by OddThemes